Berita Indonesia Terbaru – Tentara Indonesia yang ditempatkan di pos keamanan Skamto, yang terletak di dekat perbatasan dengan Papua Nugini, memberikan layanan kesehatan keliling di Desa Yowong, Kecamatan Arso Barat, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua pada hari Minggu.

Personil Satgas Keamanan Perbatasan Indonesia-PNG mengunjungi rumah warga dan memberikan perawatan kepada mereka yang membutuhkan layanan medis, kata komandan satgas, Mayor Anggun Wuriyanto, dalam pernyataan yang dikeluarkan di sini, Senin.

Prajurit yang mengikuti bakti sosial tersebut tergabung dalam Batalyon Infantri Mekanik 413 / Bremoro Kostrad.

Layanan kesehatan keliling, yang diberikan beberapa hari sebelum akhir penempatan mereka di pos keamanan Skamto, adalah bagian dari layanan masyarakat tanpa batas untuk warga desa, kata Wuriyanto.

“Kami terus melakukan yang terbaik untuk melayani warga dalam upaya mewujudkan Papua yang sehat dan sejahtera,” tambahnya.

 

Tentara Indonesia Dirikan Pos Kesehatan Untuk Pedesaan Di Papua

 

Pelayanan kesehatan tidak hanya ditawarkan kepada penduduk asli Papua di Keerom, tetapi juga di daerah lain.

Pekan lalu, sejumlah personel Satgas Yonif 756 / WMS telah menawarkan layanan kesehatan keliling kepada warga Desa Beanekogom, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Menurut Komandan Satgas, Mayor Marolop Edison Bala Hutapea, pelayanan kesehatan tersebut dilakukan secara rutin sebagai bagian dari pengabdian masyarakat Satgas untuk memastikan masyarakat tetap dalam keadaan sehat.

“TNI (Tentara Nasional Indonesia) sangat memperhatikan kesulitan yang dihadapi warga,” ujarnya seraya menambahkan bahwa dirinya senantiasa mengingatkan para prajurit yang ditempatkan di semua pos keamanan untuk menjaga hubungan emosional dengan warga sekitar.

Ketulusan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat dan mengurusi kebutuhan masyarakat sekitar akan menjadikan pos pengamanan TNI bermanfaat bagi mereka, menurut Hutapea.

Komandan pos satpam Tsinga, Letnan Dua Riyanto yang memimpin pelayanan kesehatan keliling di Desa Beanekogom, mengungkapkan bahwa tim medis satgas merawat warga desa yang sakit ringan dan mencari konsultasi kesehatan.

Seorang warga desa, Abdon Nenotek, mengucapkan terima kasih kepada satgas dan memuji anggota yang telah menawarkan layanan kesehatan keliling kepadanya dan penduduk desa lainnya dan untuk mendidik mereka tentang cara hidup sehat dan menjaga kebersihan di desa.